• Sumpah Pemuda
  • terorisme
  • pray for palu
  • hoax
  • Sipongi Monitoring Kebakaran Hutan

Operasi Penangkapan Penyadap Getah Pinus di dalam Kawasan Hutan Lindung

Aparat Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Utara melakukan operasi penangkapan penyadap getah pinus di kawasan hutan lindung desa ronggur Nihuta Kabupaten Samosir

Kepala Bidang Perlindungan Hutan Ibu Yuliani Siregar di dampingi kepala Seksi Pengamanan Hutan Provinsi Sumatera Utara A. Sibuea menjelaskan, penangkapan dilakukan atas informasi dari masyarakat tentang adanya kegiatan penyadapan ilegal getah pinus di dalam kawasan hutan negara, sehingga pihaknya langsung melakukan patroli ke lokasi yang dimaksud untuk memastikan kebenaran informasi.

Sesampainya di lokasi yang di tuju, Tim melakukan tangkap tangan terhadap para pelaku yang sedang melakukan penyadapan getah pinus ilegal yang atas perbuatan ini mengakibatkan kerugian negara berdasarkan Undang - Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang - undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan perusakan hutan.

Turut diamankan sebagai barang bukti 600 mangkuk tempat penampungan getah pinus, 2 unit sepeda motor, 30 kg getah pinus, dan 6 orang pelaku penyadapan yang merupakan pekerja dari sebuah perusahaan atas CV. Tampar Mandiri yang melanggar izin penyadapan getah pinus.

Seluruh proses penyelidikan dalam hal ini telah diserahkan kepada kepolisian Polres Samosir untuk dapat diproses secara hukum yang berlaku di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Statistics

Pengunjung
2
Artikel
75
Jumlah Tampilan Artikel
84406

Please publish modules in offcanvas position.